Saat melakukan pengiriman motor murah hal yang paling diperhatikan setelah harga adalah keamanan motor yang akan dikirimkan. Setiap customer pasti ingin motor yang dikirim tetap dalam keadaan utuh seperti sebelum dikirim. Tidak ada yang mau melihat motor kesayangannya saat sampai di tangan penerima malah lecet atau lebih parahnya pecah atau patah. Hal inilah yang membuat beberapa orang takut melakukan pengiriman motor karena khawatir akan keamanan barangnya yang mana jasa pengiriman kadang tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.

Kami APM Logistics selalu menjaga kualitas kiriman motornya yakni dengan memperhatikan harga pengiriman yang murah, waktu pengiriman yang tepat waktu, dan yang pastinya keamanan proses pengiriman. Selain layanan asuransi sebagai tameng utama saat terjadi kerusakan pada motor, kami juga memastikan proses packing motor di APM Logistics mengikuti standar perusahaan yang baik dan benar sehingga saat pengiriman motor berlangung maka motor yang dikirimkan bisa terjamin keamanan dan kesalamatan motor tersebut. Berikut hal-hal yang kami perhatikan saat proses packing pengiriman motor :

Minta Hasil Contoh Packing Kepada Jasa Pengiriman

Informasi tentang packing adalah sangat penting untuk pengiriman berupa barang mewah seperti sepeda motor. Sepeda motor adalah barang yang sangat rentan rusak apabila dilakukan pengiriman. Hal ini dikarenakan karena banyaknya bagian-bagian motor yang terbuat dari bahan yang apabila tergesek atau terbentur bisa rusak atau patah.

Tanyakanlah kepada jasa pengiriman bagaimana mereka melakukan packing terhadap pengiriman motor. Mintalah foto hasil packing motor yang sudah pernah mereka lakukan. Jasa pengiriman yang baik akan dengan senang hati memberikan hasil packing mereka untuk menjamin apabila melakukan proses pengiriman bersama mereka customer lebih merasa aman.

Apabila anda merasa yakin akan hasil packing yang dihasilkan oleh jasa pengiriman, maka tidak ada masalah untuk melakukan pengiriman bersama jasa pengiriman terkait. Namun apabila terdapat rasa khawatir dari hasil packingnya nanti, kita bisa menunda dulu sampai ada jawaban dan solusi dari pihak ekspedisi.

Dokumentasikan Keadaan Awal Motor

Hal pertama setelah menanyakan dan membandingkan harga pengiriman motor serta waktu estimasi pengiriman adalah melakukan dokumentasi dan mengecek keadaan awal motor. Hal ini agar kita dapat mengetahui bagaimana keadaan awal motor saat dikirim dan apabila ada hal atau kondisi yang berbeda dari kondisi awal, maka lebih mudah untuk melakukan komplain ke jasa pengiriman.

Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan oleh customer sendiri. Jasa pengiriman yang baik akan memberikan foto dokumentasi awal keadaan motor sebelum dipacking kepada pengirim sebagai pegangan bahwa keadaan motor kita sebelum dikirim benar begitu adanya.

Lindungi Bagian Motor Yang di Anggap Rentan

Apabila ada beberapa bagian yang dianggap sangat rentan dan merasa khawatir apabila diserahkan begitu saja kepada jasa pengiriman untuk dibantu packing, maka lindungilah terlbih dahulu hal-hal yang dianggap rentan rusak dengan membongkarnya atau melapisinya agar lebih aman baik dari benturan maupun dari gesekan.

Hanya kita yang mengetahui bagaimana kondisi motor kita sendiri. Kita yang paling tahu apabila ada beberapa penanganan khusus di bagian-bagian tertentu. Pihak jasa pengiriman hanya akan melakukan perlindungan sesuai dengan standar perusahaan masing-masing. Bisa saja penanganan khusus untuk bagian-bagian tertentu yang kita ketahui tidak terlalu diperhatikan oleh pihak ekspedisi. Maka beritahukanlah kepada jasa pengiriman atau bisa juga dengan melakukan penangangan sendiri untuk hal ini.

Jujurlah Terhadap Kondisi Motor

Hal ini sangat penting agar jasa pengiriman bisa tahu bagaimana kondisi motor anda. Beritahulah tentang kondisi motor anda kepada mereka terutama bagian dalam body atau mesin. Untuk bagian luar jasa pengiriman bisa saja memperkirakan kondisi motor anda, namun apabila masih ada kekhawatiran maka tidak ada salahnya memberitahukan kepada mereka. Jasa pengiriman yang baik akan memperhatikan hal-hal ini dan memprioritaskan keamanan bagian-bagian ini karena perlu penanganan khusus terkait dengan kondisinya.

Pastikan Hasil Akhir Packing

Tetap berhubungan dengan admin atau customer service jasa pengiriman terkait untuk menanyakan bagaimana proses packing berlangsung. Tidak ada salahnya sedikit “nyinyir” tentang keamanan motor. Jasa pengiriman yang baik akan selalu melayani pertanyaan dan permintaan yang di minta customer terkait pengiriman mereka. Mintalah dokumentasi proses packing, apabila merasa ada yang kurang, minta jasa pengiriman untuk menambahkannya. Yang paling penting mintalah foto hasil akhir packing kepada jasa pengiriman untuk memastikan keadaan akhir motor sebelum dikirim.

Cek Kelengkapan Motor Saat Pengiriman

Hal ini juga tak kalah penting untuk cross check tentang kelengkapan pengiriman motor anda. Periksalah dibagian tanda terima atau jasa pengiriman biasa menyebutnya resi pengiriman, barang-barang apa saja yang ikut bersama motor anda saat pengiriman. Periksalah apakah semua barang seperti kunci, STNK dan helm (apabila diikut sertakan) tertulis di resi pengiriman agar tidak ada kekeliruan saat serah terima barang nantinya.

Kenapa ini penting? Apabila sebelumnya anda tidak melakukan cek terhadap resi pengiriman dan ada barang yang tidak ditulis di resi pengiriman namun ikut saat pengiriman motor, saat serah terima barang mungkin saja anda tidak akan pernah menerima barang tersebut lagi dan tidak bisa melakukan komplain karena memang tidak tertulis di tanda terima. Sangat bahaya jika anda lalai dalam hal ini.

Monitor Selalu Posisi dan Keadaan Motor

Seperti yang dibilang sebelumnya, tidak ada salahnya “nyinyir” saat melakukan pengiriman motor. Tanyalah bagaimana keadaan motor anda selama proses pengiriman kepada customer service jasa pengiriman. Tanyakan juga dimana posisi barang sekarang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jasa pengiriman yang baik akan selalu memberikan informasi posisi barang anda terakhir dan berita acara terkait pengiriman motor tanpa anda tanya sekalipun. Hal ini menandakan jasa pengiriman sangat peduli dengan barang kiriman anda dengan selalu memonitor dan menginformasikan kepada anda bagaimana kondisi terakhir.

Kesimpulan :

Perhatikanlah hal-hal diatas sebelum melakukan pengiriman motor. Pilihlah jasa pengiriman terbaik untuk mengirimkan motor anda agar tidak khawatir saat melakukan pengiriman. Jasa pengiriman terbaik akan memberikan layanan penuh terhadap pengiriman anda.

APM Logistics selalu memberikan layanan pengiriman motor terbaik kepada customer nya. Dengan selalu memperhatikan aspek-aspek yang memberikan kepuasan terhadap customer. Layanan customer services yang ramah, akan selalu memberikan kenyamanan kepada customer saat melaukan pengiriman motor. Ayo hubungi kami terkait pengiriman motor dari dan keseluruh Indonesia.